Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulai Usaha Ternak Lele Bagi Pemula

cara usaha ternak lele - cara%2Bternak%2Blele%2Bdikolam%2Bterpal 04

Pendahuluan

Perusahaan tertentu mengharuskan kamu untuk memiliki pengalaman bekerja dalam bidang yang sama sebelum kamu bisa mendapatkan pekerjaan di tempat tersebut. Di sisi lain, beberapa orang memilih untuk tidak bekerja untuk orang lain, melainkan memulai bisnis mereka sendiri terutama di bidang agribisnis.

Salah satu bentuk agribisnis yang bisa menjadi peluang bisnis sangat menjanjikan adalah usaha ternak lele. Ikan lele memiliki banyak manfaat dan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang menggiurkan. Di artikel ini, kamu akan mengetahui cara memulai usaha ternak lele bagi pemula.

Persiapan

Sebelum memulai sebuah usaha, persiapan merupakan tahapan yang penting. Persiapan meliputi beberapa hal, antara lain:

1. Lokasi

Lokasi merupakan hal yang penting dalam sebuah usaha ternak lele. Pastikan lokasi yang kamu pilih mencapai kriteria sebagai berikut:

  • Kualitas air yang baik
  • Sumber air yang terjamin
  • Lokasi yang mudah dijangkau, baik oleh kamu maupun calon pembeli
  • Tidak terlalu dekat dengan keramaian dan polusi.

Kualitas air sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan lele. Untuk mendapatkan kualitas air yang baik, kamu membutuhkan lokasi yang jauh dari keramaian dan harus memiliki sumber air yang terjamin. Pilihlah lokasi dekat dengan akses jalan, agar mempermudah kamu dan calon pembeli nantinya.

2. Beberapa peralatan dan bahan

Ada beberapa peralatan dan bahan yang harus kamu siapkan untuk memulai usaha ternak ikan lele, antara lain:

  • Kolam terpal ukuran sesuai dengan kebutuhan (bisa disewa/dibeli)
  • Pakan ikan lele
  • Bibit ikan lele
  • Oksigenator atau aerator untuk menjaga kualitas air
  • Beberapa alat tes untuk mengukur kualitas air

Pilihlah kolam terpal yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa sewa atau beli sesuai dengan budget kamu. Usahakan kolam terpal tersebut terbuat dari bahan berkualitas agar tidak mudah bocor dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

cara usaha ternak lele - Budidaya+Ikan+Lele+di+Kolam

Proses Ternak Lele

Ada beberapa tahap dalam proses ternak lele yang harus kamu ketahui, yaitu:

1. Persiapan Air

Sebelum kolam terpal kamu diisi air, kamu perlu membersihkan kolam terpal terlebih dahulu. Kemudian, isi kolam terpal dengan air sampai level tertentu.

Pastikan sebelum air diisi ke dalam kolam terpal, kamu telah melihat dan memastikan kualitas air terlebih dahulu. Kualitas air yang tidak baik, bisa mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan ikan lele.

2. Penambahan Bibit Lele

Setelah kolam terisi air, tahap selanjutnya adalah penambahan anak ikan lele atau bibit lele. Kamu bisa membeli bibit lele dari peternak lokal yang sudah terpercaya.

Selain membeli bibit lele, kamu juga bisa melakukannya secara mandiri. Caranya, kamu dapat membeli telur lele dan menetaskannya terlebih dahulu sampai menjadi benih ikan atau anak ikan lele. Namun cara ini membutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang cukup.

3. Pemberian Pakan

Setelah penebaran bibit, selanjutnya adalah pemberian pakan. Kamu bisa memberikan ikan lele pakan pelet yang lebih berkualitas atau membikin sendiri tergantung budget kamu. Saat memberikan pakan, kamu harus memperhatikan dosis dan kualitas pakan agar pertumbuhan dan kesehatan ikan lele tetap terjaga.

4. Perawatan

Perawatan ikan lele sangat penting untuk memastikan kondisi air yang baik dan pertumbuhan ikan tetap stabil. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat merawat kolam terpal secara berkala, yaitu:

  • Membersihkan sisa pakan yang ada di dasar kolam terpal
  • Menjaga kualitas air tetap baik melalui pencampuran air bersih atau dengan memasukkan oksigenator
  • Memindahkan ikan yang sudah dewasa ke kolam terpal yang lebih luas agar mereka tetap aktif dan pertumbuhan tetap stabil

Setiap usaha ternak ikan lele, membutuhkan pemeliharaan yang terus menerus dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Banyak yang tidak memperhatikan pemeliharaan dengan baik, padahal ini sangat mempengaruhi hasil yang diperoleh nantinya.

Pemasaran

Pemasaran merupakan faktor penting untuk setiap usaha, termasuk usaha ternak lele. Setelah panen lele, kamu dapat memasarkannya melalui beberapa cara, antara lain:

1. Membuat gerai atau toko ikan lele

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat gerai atau toko ikan lele. Dalam hal ini, kamu bisa membangun toko yang di tempatkan di tepi jalan raya yang banyak dilalui kendaraan. Selain itu, kamu bisa juga berjualan melalui aplikasi daring dan toko online

2. Kemitraan dengan pedagang

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah kemitraan dengan pedagang atau pengepul yang membeli lele mentah. Dalam hal ini, pastikan kamu memiliki calon pembeli yang banyak dan sudah menjadi langganan kamu sejak awal.

cara usaha ternak lele - LELE

Kesimpulan

Memulai usaha ternak lele tidaklah mudah, namun jika kamu memulai dari nol dengan tekad yang kuat dan motivasi yang baik, hal tersebut bisa menjadi potensi bisnis yang menggiurkan bagi kamu. Pastikan kamu memahami langkah-langkah yang benar dan melakukan persiapan dengan wajib dan penuh perhitungan. Semoga berhasil dan sukses dalam usaha ternak lelemu!

cara usaha ternak lele - usaha ternak lele 3

cara usaha ternak lele - Masa Panen Ikan Lele 768x576

cara usaha ternak lele - Ternak%2BIkan%2BLele

cara usaha ternak lele - india 929719 1920

cara usaha ternak lele - kolam terpal2

cara usaha ternak lele - l5tpHtFz4749Uv6da5JGJ  TWgMcTyCVH5b2uFrQRE1OO6YgfA1X bWzJJeGwUrqy2d8EyDBcaBuEM8OWlVwbVOorRkqRHD7zUoK94t U9RyE3nCnNq3nJlWty4jSteo2ZIw2m3TIxrT jirErH ILBmdbMEluw=w1200 h630 p k no nu

cara usaha ternak lele - Ternak Belut

cara usaha ternak lele - kolam ternak ikan

cara usaha ternak lele - Biaya Pembuatan Kolam Terpal

cara usaha ternak lele - GMB LELE

cara usaha ternak lele - ternak+lele+tanpa+beli+pakan

cara usaha ternak lele - ternak+lele+budidaya+lele+8

cara usaha ternak lele - TERNAK+LELE

cara usaha ternak lele - cara ternak lele sangkuriang pemula kolam terpal pakan ikan lele pelet murah 300x242

cara usaha ternak lele - cara%2Bternak%2Bikan%2Blele%2B1

cara usaha ternak lele - cara%2Bternak%2Blele

cara usaha ternak lele - cara memulai ternak lele

cara usaha ternak lele - budidaya+ikan+lele

cara usaha ternak lele - ternak%2Blele

cara usaha ternak lele - cara ternak budidaya ikan lele yang baik dan benar Dalam Drum Plastik

cara usaha ternak lele - ternak lele

cara usaha ternak lele - 28102008

cara usaha ternak lele - lele dan timbangan

cara usaha ternak lele - 050913191108 lele sangkuriang

cara usaha ternak lele - indukan+lele

Post a Comment for "Cara Memulai Usaha Ternak Lele Bagi Pemula"